Cara MenjagaHubungan Harmonis antar Karyawan di Perusahaan Anda








Salah satutantangandalammemulaiusahasendiriadalahkelangsunganhidupperusahaanitusendiri, perusahaan yang didalamnyamemilikihubungan yang harmoniscenderunglebih “awet” dibandingkandenganperusahaan yang tidakharmonis. Hubungan yang harmonisinibisaantarapimpinandankaryawandanjugaantarkaryawanitusendiri.
“Dalamperusahaan yang sehatterdapathubungan yang harmonisdidalamnya“

Perusahaan dengantingkatturn-overkaryawan yang tinggitentunyadapatmerugikanperusahaan, karenaperusahaanakanmengeluarkanbiayauntukmencarikaryawanbaru, tidaksampai situ saja, perusahaanjugaperlumengeluarkanbiayauntukmelatihkaryawantersebut.


Mengaturperusahaanbisadiibaratkansedangmengadakankonserorkestra:
  • PimpinanperusahaanyaituAndasebagaikonduktor, menjaga tempo danharmonisasimemastikan agar konsertersebutdapatmenghasilkanalunanmusik yang spektakuler.
  • Karyawansebagaimusisi yang memainkanalatmusik, menghasilkanmusik yang indah.
  • Not dalampartitursebagaivisimisidariperusahaanAnda.
  • Lagu yang dimainkanadalahproduk/jasadariperusahaanAnda.
  • PenontonadalahklienataukonsumenAnda.
  • Apresiasiberupatepuktangan, ataubahkan standing applause adalahtujuandariperusahaanAnda.
Suksesatautidaknyakonsertersebutmembutuhkankerjakerasdarisemua orang yang ada di dalamnyadansudahpastididalamnyadituntuthubungan yang harmonis.
Apasajakiatuntukmembuathubungan yang harmonis di dalamperusahaan?
1. SalingMenghargaidanMenghormati
Perusahaan yang menumbuhkansikapsalingmenghargaidanmenghormatitentunyaakanmembuathubungandalamperusahaanitumenjadibaik. Semua orang ingindihargai, termasukAndabukan? Sikapsalingmenghargaidanmenghormatiinibisatercermindarimudahnyakaryawandalammemberikanaspirasinya, selainituperlujugasalingmenghargaidanmenghormatiperankaryawandanpimpinandalamperusahaan.
2. Keterbukaan
Andatidakperlumembukaada yang menjadirahasiadapurandakepadakaryawan, yang dimaksudketerbukaandisiniadalahkaryawandapatmengetahuiperkembanganperusahaansehinggakaryawantidakmerasaada yang ditutup-tutupiolehperusahaan. Denganterbukakepadakaryawan, makakaryawandapatmerasanyamandantentunyamerekaakanberjuangsekuattenaganyauntukperusahaan.
3. Komunikasi yang Baik
Perusahaan yang suksessalahsatucirinyaadalahdikenalolehmasyarakatumum, nah bagaimanacaranya agar bisadikenal? Tentunyaperusahaanharusmemilikihubungan/komunikasi yang baikdengan media massa. Komunikasieksternaltersebutbisajugadiaplikasikan di dalamperusahan, istilahnyaadalah internal communication. Perusahaan dapatmemberikaninformasiterbarupadakaryawanmelalui media sepertimading/majalahdinding, majalahperusahaanbahkandenganmengirimkan email kepadakaryawan.
JikaAndasudahmelakukanhaldiatas, sudahpastiakanterjalinhubungan yang harmonisdalamperusahaanAnda, oh yauntukmelengkapiartikelinisayasertakanjuga slide yang sangatbagus yang berhubungandenganharmonisasidalamperusahaan:



Disqus Comments